Pangkogabwilhan II Selaku SSO Pemerintah Indonesia Tanda Tangani MoU Bidang Pengamanan Dengan UNDSS.

Pangkogabwilhan II Selaku SSO Pemerintah Indonesia Tanda Tangani MoU Bidang Pengamanan Dengan UNDSS.

Nusa Dua Bali, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II Marsdya TNI Imran Baidirus, S.E, selaku Senior Security Officer (SSO) pemerintah Indonesia menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bidang pengamanan dengan perwakilan dari PBB, United Nation Departement for Safety and Security (UNDSS) Mr. Sassan Rahimi dalam rangka pengamanan pelaksanakan Global Platrom for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 tahun 2022,yang berlangsung di Nusa Dua Bali, Rabu (27/4/2022).

Penandatanganan MoU ini sebagai landasan secara legal untuk menunjukkan komitmen bersama dalam menerjemahkan lebih detail operasi pengamanan bersama, termasuk dalam mengantisipasi potensi bahaya keamanan maupun bencana alam.

Koordinator UNDSS untuk keamanan acara Sassan Rahimi mengapresiasi dukungan selama ini dari Pemerintah Indonesia, khususnya dalam bidang pengamanan yang dibutuhkan selama penyelenggaraan GPDRR nanti. Ia juga mengatakan kerja sama yang dibangun sejak persiapan sudah sangat baik dan profesional.

Kolaborasi ini merupakan upaya bersama sebagai bagian dari langkah pengurangan risiko bencana. Setiap pihak akan melakukan analisis risiko, merancang rencana operasi, mengidentifikasi sumber daya yang dibutuhkan serta memastikan semuanya tersedia sehingga potensi yang membahayakan dapat diantisipasi sejak dini.

“Pada dasarnya ini sudah kita sepakati bagaimana cara penanganan dan pengamanan nanti. Pelaksanaannya nanti oleh Bapak Pangdam dan juga Bapak Kapolda sebagai pengaman wilayah,” ujar Panglima Kogabwilhan II Marsekal Madya TNI Imran Baidirus, S.E.

Nota Kesepahaman kerja sama pengamanan dilakukan oleh Pangkogabwilhan II dan UNDSS Event Security Coordinator dan diparaf oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Apriyanto dan Kapolda Bali.

Penandatanganan MoU disaksikan perwakilan UNDSS, Kementrian Luar Negeri dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Bidang pengamanan ini didukung sepenuhnya oleh Mabes TNI, Mabes Polri, Kogabwilhan II, Kemlu, Paspamres, Setmilpres, Mabes Polri, Polda Bali dan BPBD Bali. (Penkogabwilhan2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*