Pangkogabwilhan II: Desain Arsitektur Ruang Siber Ibu Kota Negara Dalam Perspektif Pertahanan Dan Keamanan Guna Meningkatkan Cyber Awareness Diruang Publik.

Balikpapan,. Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II, Marsdya TNI Imran Baidirus, S.E., mengangkat tema Desain Arsitektur Ruang Siber Ibu Kota Negara Dalam Perspektif Pertahanan Dan Keamanan Guna Meningkatkan Cyber Awareness Diruang Publik pada saat menjadi Keynote Speaker, diacara Seminar Penguatan Sumber Daya Siber Nasional yang digelar di Aula Makodam Mulawarman VI Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (16/9/2021).

Pangkogabwilhan II menyampaikan “Pertahanan dan keamanan negara merupakan salah satu hal mendasar dalam rangka menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945).

Selanjutnya dalam paradigma konvensional usaha pertahanan dan keamanan negara diartikan sebagai upaya mempertahankan negara baik di darat, laut maupun udara. Namun, saat ini paradigma tersebut telah berubah seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi. Salah satu realitas baru di era digital saat ini adalah hadirnya wilayah non fisik yang dikenal sebagai ruang siber (cyber space). Cyber space didefinisikan sebagai suatu realitas baru yang tercipta karena adanya teknologi
internet di mana interaksi antar masyarakat terjadi secara virtual dan melampaui lintas batas negara. Adanya realitas baru di ruang siber telah menyebabkan bergesernya konsep perang antar negara yang sebelumnya terbatas pada peperangan secara fisik tetapi berkembang pada perang di ruang siber atau yang dikenal dengan istilah cyber war.”, ujar Pangkogabwilhan II.

Setelah memberikan materi Pangkogabwilhan II berkesempatan menerima Cindera Mata berupa Plakat dari Dansatsiber TNI Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu Hardani. Dan diakhir seminar Pangkogabwilhan II berkesempatan memberikan Cindera Mata berupa Plakat kepada para nara sumber dan moderator dengan dilanjutkan foto bersama.

Hadir dalam seminar Gubernur Kalimantan Timur Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si., yang diwakilkan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur H. Hadi Mulyadi serta pejabat jajaran Forkopimda Kalimantan Timur. (Pen Kogabwilhan II)